A. Waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang wajar
B. Adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan
C. Adanya bagian-bagian tulisan yang dirubah di sana- sini, bentuk ketikan yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak sesuai, terdapat berbagai data yang tidak konsisten, tidak akurat
D. Adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain
Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud K dari "APIK" adalah...
A. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan
B. Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan
C. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya
D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur
Salah satu kelompok kegiatan publikasi ilmiah adalah prensentase pada forum ilmiah. Yang dimaksud dengan presentasi pada forum ilmiah adalah..
A. Karya tulis guru yang berisi ide/ gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada disatuan pendidikannya (disekolah/dimadrasahnya)
B. Publikasi dalam bentuk laporan hasil penelitian (misalnya laporan penelitian tindakan kelas) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru
C. Guru sering kali diundang mengikuti pertemuan ilmiah untuk memberikan presentasi, baik sebagai pemasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah tersebut
D. Di publikasikan di media massa (koran, majalah atau sejenisnya)
Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk hasil laporan penelitian (misalnya laporan penelitian tindakan kelas) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru. Angka kredit yang bisa diperoleh guru jika laporan hasil penelitian nya dimuat dijurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi adalah...
A 3
B 2
C 4
D 1
Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan, harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud I dari "APIK" adalah...
A. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan
B. Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan
C. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur
D. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya
Pengertian publikasi ilmiah adalah...
A. Laporan hasil penelitian (misalnya laporan hasil penilaian tindakan kelas) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru
B. Makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah dan telah di sah kan oleh kepala sekolah/ Madrasah
C. Sistem publikasi yang dilakukan berdasarkan peer review dalam rangka untuk pencapaian tingkat obyektivitas setinggi mungkin
D. Laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru disekolah/ Madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya. Antara lain dapat berupa laporan penelitian tindakan kelas
Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan, harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud P dari "APIK" adalah...
A. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya
B. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur
C. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan
D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur
Angka kredit yang diperoleh guru dalam kegiatan forum ilmiah sebagai pemasaran/ narasumber pada seminar atau loka karya ilmiah adalah...
A. 1,5
B. 0,2
C. 0,5
D. 1
Laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang tidak ilmiah antara lain ditandai dengan adanya, kecuali
A. Latar belakang masalah yang tidak jelas sehingga tidak dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas dan hubungan masalah tersebut dengan upayanya untuk mengembangkan profesinya
B. Kesimpulan yang tidak / belum menjawab permasalahan yang diajukan
C. Disajikan kerangka isi yang telah ditetapkan
D. Kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran Analisis nya
Secara khusus karya ilmiah untuk laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan, harus memenuhi persyaratan "APIK" yang artinya adalah sebagai berikut ( kementerian pendidikan Nasional 2010) yang dimaksud A dari "APIK" adalah...
A. Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya
B. Laporan disajikan dengan memaknai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan
C. Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan
D. Laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya bukan merupakan plagiat, jiplokan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar