Berkah Dalem Gusti

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono,SS ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Rabu, 02 Oktober 2024

MATERI PENYULUHAN BULAN OKTOBER 2024

 Rencana Sumber Materi serta Tema yang mau didalami selama bulan OKTOBER 2024

TGL

HARI

SUMBER INSPIRASI

TEMA

NILAI KEUTAMAAN

1

SELASA

Matius 11: 25

Aku bersyukur kepadaMu Bapa Tuhan langit dan bumi sebab misteri kerajaanmu kau nyatakan kepada orang kecil

Belajar bersyukur

2

RABU

Mazmur 103: 21

Pujilah Tuhan hai segala tentara muliakanlah dia hai para hamba yang melakukan kehendaknya

Memuji Tuhan

3

KAMIS

Markus 1 : 15

Kerajaan Allah sudah dekat bertobatlah dan percayalah kepada Injil

Pertobatan

4

JUMAT

Mazmur 95 : 8ab

Hari ini dengarkanlah suara Tuhan dan janganlah bertegar hati

Jangan bertegar hati

5

SABTU

Matius 11: 25

Terpujilah engkau Bapa Tuhan langit dan bumi sebab misteri Kerajaan kau nyatakan kepada orang kecil

Misteri Kerajaan Allah kepada orang kecil

6

MINGGU

1 Yohanes 4 : 12

Jika kita saling mengasihi Allah tetap di dalam kita dan kasihnya sempurna di dalam kita

Kasih mengasih

7

SENIN

Yohanes 13 : 34

Perintah baru kuberikan kepadamu sabda Tuhan yaitu supaya kamu saling mengasihi sama seperti aku telah mengasihi kamu

Perintah baru

8

SELASA

Lukas 11 : 28 

Berbahagia yang mendengarkan sabda Tuhan dan melaksanakannya

Pelaksanaan sabda Tuhan

9

RABU

Rumah 8 :  15

Kalian akan menerima roh pengangkatan menjadi anak dalam roh itu kita akan berseru apa ya Bapa

Roh pengangkatan

10

KAMIS

Kisah 16 : 14 b

Tuhan, bukalah hati kami, supaya kami memperhatikan sabda AnakMu

Membuka hati

11

JUMAT

Yohanes 12 : 31b -  32

Sekarang penguasa dunia ini dibuang keluar sabda Tuhan dan bila aku telah ditinggikan dari muka bumi aku akan menarik semua orang kepadaku

Penguasa dunia

12

SABTU

 Lukas 11 : 28

Berbahagialah yang mendengarkan sabda Tuhan dan memeliharanya

Menjadi pendengar sabda Allah

13

MINGGU

 Matius 5 : 3

Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah karena merekalah yang ampuni kerajaan surga

Pengampunan dosa

14

SENIN

Mazmur 95 : 8ab

Hari ini dengarkanlah suara Tuhan dan janganlah bertegar hati

Mendengar suara Tuhan 

15

SELASA

Ibrani 4 : 12

Sabda Allah itu hidup dan penuh daya menguji segala pikiran dan maksud hati

Peran sabda Allah

16

RABU

Yohanes 10 : 27

Domba dombaku mendengar suaraku sabda Tuhan aku mengenal mereka dan mereka mengenal aku

Pengenalan akan Allah

17

KAMIS

Yohanes 14 : 6

Akulah jalan kebenaran dan hidup hanya melalui Aku orang sampai kepada Bapa

Yesus jalan kebenaran dan hidup

18

JUMAT

Yohanes 15 : 16

Bukan kamu yang memilih aku tetapi akulah yang memilih kamu aku telah menetapkan kamu supaya pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap

Hidup karena dipilih dan diutus.

19

SABTU

Yohanes 15 : 26b. 27 a

Roh kebenaran akan memberi kesaksian tentang aku dan kalian pun harus memberi kesaksian sabda Tuhan

Roh kebenaran

20

MINGGU

Markus 10 : 45

Anak manusia datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawanya bagi tebusan bagi banyak orang

Menjadi pelayan

21

SENIN

Matius 5 : 3

Berbagilah orang yang miskin di hadapan Allah karena merekalah yang empunya kerajaan surga

Kerajaan surga

22

SELASA

Lukas 21 : 36

Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa agar kalian tahan berdiri di hadapan Anak manusia

Berjaga-jaga dan waspada serta berdoa

23

RABU

Lukas 24: 42a.44

Berjaga-jaga dan bersiap-siaplah karena anak manusia datang pada saat yang tidak kamu duga

Pentingnya persiapan

24

KAMIS

Filipi 3:8-9

Segala sesuatu ku anggap sebagai sampah supaya aku memperoleh Kristus dan berada dalam dia

Memperoleh Kristus

25

JUMAT 

Matius 11 : 25

Aku bersyukur kepadaMu Bapa Tuhan langit dan bumi sebab misteri Kerajaan kau nyatakan kepada orang kecil

Misteri Kerajaan Allah

26

SABTU

Yeh 33:11

Tuhan telah berfirman aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik melainkan kepada pertobatannya supaya ia hidup

Pertobatan

27

MINGGU

2 Timotius 1 : 10

Juruselamat kita Yesus Kristus telah mematahkan kuasa maut dan rangi hidup kita berkat Injil

Patahkan kuasa maut

28

SENIN


Allah Tuhan kami engkau kami puji dan kami muliakan kepadamu paduan para rasul bersyukur ya Tuhan

Memuji dan memuliakan Allah

29

SELASA

Matius 11: 25 

Terpujilah engkau Bapa Tuhan langit dan bumi sebab misteri Kerajaan kau nyatakan kepada orang kecil

Kerajaan bagi orang kecil

30

RABU

2 Tes 2 : 14

Allah telah memanggil kita untuk memperoleh kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus

Panggilan Allah

31

KAMIS

 Lukas 13:35 Markus 11:10

Terberkatilah yang datang atas nama Tuhan terpujilah engkau di surga

Pujian kepada Allah


Selasa, 24 September 2024

KEGIATAN PENYULUH KATOLIK BULAN SEPTEMBER 24

Pada bulan September ini kami umat Katolik memasuki masa Bulan Kitab Suci Nasional.

BKSN tahun 2024 ini bertemakan Allah Sumber Keadilan.

Dalam kesempatan ini kami lebih menitikberatkan dan berfokus pada pendalaman materi Kitab Suci yakni kitab nabi Nahum dan Habakuk.

Kegiatan bksn yang dilaksanakan seminggu sekali dilaksanakan setiap hari Jumat malam di lingkungan kami Gabriel Paroki Santo Paulus Pringgolayan, Banguntapan Bantul.

Kegiatan pendalaman den kebersamaan umat lingkungan Gabriel dilakukan secara bergilir dari rumah ke rumah setiap hari Jumat malam pada pukul 19.00 sampai pukul 21.00.

Dalam kesempatan BKSN ini pula saya mengajak warga binaan untuk mengikuti BKSN melalui kegiatan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama.






Di Panti Asuhan Bina Putra sebagai sarana kami melayani anak-anak remaja Katolik kami mengadakan pendalaman materi bksn dalam situasi dan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan anak.







Senin, 23 September 2024

DETEKSI DINI 3

 

Kementerian Agama diberikan amanah oleh Undang-Undang No.7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial dan PP No.2 Tahun 2025 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.2 Tahun 2012 untuk melakukan serangkaian kerja pencegahan konflik sosial. Untuk itu, dibutuhkan peningkatan kapasitas kelembagaan dan kepegawaian agar lebih sensitif dan lebih peka terhadap kondisi sosial keagamaan masyarakat di tempat mereka berada. Salah satu rangkaian kerja tersebut adalah membangun sistem deteksi dini (Early Warning System). 

 

Penyusunan Sistem Deteksi Dini Konflik Sosial Religiosity Index berangkat dari landasan pemikiran tersebut. Sesuai dengan arahan PP No.7 Tahun 2012, Sistem Deteksi Dini dan Cegah Dini konflik meliputi:

·         penelitian dan pemetaan wilayah potensi Konflik dan/atau daerah Konflik;

·         Penyampaian data dan informasi mengenai Konflik secara cepat dan akurat;

·         Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan;

·         Peningkatan dan pemanfaatan modal sosial;

·         dan Penguatan dan pemanfaatan fungsi intelijen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Pelatihan ini menjadi bagian dari pelaksanaan salah satu kegiatan Sistem Deteksi Dini dan Cegah Dini pada poin C yaitu Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan.

 

Pada tahap ketiga ini, peserta akan mempelajari lebih lanjut tentang level konflik, siklus konflik, dimensi dan indikator pembentuk sistem deteksi dini konflik, skala radikalisasi, sinyak deteksi dini konflik, dan instrumen yang akan digunakan.

Berikut di bawah ini materi kurikulum modul 3:

 

1.     Kementerian Agama dan Sistem Deteksi Dini Konflik

2.    Lima Level Konflik

3.    Siklus Resolusi Konflik

4.    Dimensi dan Indikator Sistem Deteksi Dini Konflik

5.    Empat Skala Radikalisasi

6.    Sinyak Deteksi Dini

7.    Konflik Instrumen Deteksi Dini

 

1.  Kementerian Agama dan Sistem Deteksi Dini Konflik

Penelitian dan pemetaan wilayah potensi konflik dan/atau daerah konflik menjadai amanat PP yang termasuk dalam golongan tugas dari...

A.      Pencegahan konflik   

B.      Pendanaan konflik

C.      Penghentian konflik

D.      Pemulihan pasca konflik

 

Penghentian konflik dapat dilakukan melalui, kecuali...

A.      Penetapan Status keadaan Konflik

B.      Penguatan dan pemanfaatan fungsi intelijen sesuai dengan ketentuan perundang-undangan  

C.      Penghentian kekerasan fisik

D.      Tindakan darurat penyelamatan dan perlindungan korban

 

PP No. 2 tahun 2015 mengatur bahwa dalam penanganan konflik dapat melibatkan unsur masyarakat. Unsur masyarakat apa saja yang dimaksud oleh peraturan tersebut...

A.      Unsur Pemda Satgas penyelesaian konflik

B.      Pranata sosial dan pranata adat  

C.      Kepolisian Daerah

D.      Kementerian/Lembaga terkait

 

Berdasarkan UU No.7 Tahun 2012, unsur pemerintah yang menjadi bagian dari Satuan Tugas Penyelesaian Konflik terdiri atas, Kecuali...

A.      Kementerian yang membidangi koordinasi urusan politik, hukum dan keamanan

B.      Wakil pihak yang berkonflik dan penggiat perdamaian  

C.      Kementerian yang membidangi urusan agama

D.      Komisi Nasional Hak Asasi Manusia

 

Dalam penanganan konfilk, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya melaksanakan pencegahan konflik melalui kegiatan :

A.      Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan  

B.      Penguatan dan pemanfaatan fungsi intelijen sesuai dengan ketentuan peratuan perundang-undangan

C.      Penguatan kerukunan umat beragama

D.      Penyampaian data dan informasi mengenai konflik secara tepat dan akurat

 

Berdasarkan PP No. 2 Tahun 2015, Pencegahan konflik dapat dilakukan melalui kegiatan apa saja?

A.      Peningkatan dan pemanfaatan modal sosial

B.      Memberikan layanan yang dibutuhkan bagi korban

C.      Penguatan kerukunan umat beragama  

D.      Penelitian dan pemetaan wilayah potensi konflik dan/atau daerah konflik

 

Berdasarkan PP No. 2 Tahun 2015, Pencegahan konflik dapat dilakukan melalui, Kecuali....

A.      Meredam potensi konflik

B.      Mengembangkan sistem penyelesaian secara damai

C.      Pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan  

D.      Membangun sistem peringatan dini

 

Penghentian konflik menjadi amanat dari UU yang harus dijalankan oleh seluruh unsur pemerintah terkait, lalu menurut UU, apa definisi dari penghentian konflik tersebut?

A.      Penghentian Konflik adalah serangkaian kegiatan untuk mengakhiri kekerasan, menyelamatkan korban, membatasi perluasan dan eskalasi konflik, serta mencegah bertambahnya jumlah korban dan kerugian harta benda.  

B.      Serangkaian kegiatan untuk mengembalikan keadaan dan memperbaiki hubungan yang tidak harmonis dalam masyarakat akibat konflik melalui kegiatan rekonsiliasi, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

C.      Perseteruan dan/atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang berlangsung dalam waktu tertentu dan berdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanan dan disintegrasi sosial sehingga mengganggu stabilitas nasional dan menghambat pembangunan nasional.

D.      Serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik dengan peningkatan kapasitas kelembagaan dan sistem peringatan dini.

 

Ruang lingkup Penanganan Konflik sebagaimana yang dimaksud dalam UU Nomor 7 Tahun 2012

A.      Pencegahan Konflik, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik  

B.      Permasalahan yang berkaitan dengan politik, ekonomi dan budaya

C.      Memelihara kondisi damai dalam masyarakat

D.      Menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, damai dan sejahtera 

 

Berikut di bawah ini kegiatan yang termasuk dalam kegiatan Deteksi dini dan cegah dini konflik sosial, kecuali.....

A.      Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan

B.      Penguatan dan pemanfaatan fungsi intelijen sesuai dengan ketentuan peraturan

C.      Penelitian dan pemetaan wilayah potensi konflik dan/atau aerah konflik

D.      Pengauatan akses kearifan lokal

 

 

2.  Lima Level Konflik

 

"Seorang pemimpin agama menengahi konflik antara dua kelompok masyarakat yang berbeda suku bangsa." Intervensi pemimpin agama tersebut termasuk level konflik yang mana?

A.      Problem to Solve  

B.      Contest

C.      Disagreement

D.      Fight/Flight

 

Pada level Disagreement, konflik biasanya terjadi karena:

A.      Konflik sudah tidak dapat diselesaikan

B.      Adanya pihak yang ingin menang atau kalah

C.      Adanya kekerasan fisik

D.      Perbedaan pandangan atau persepsi antara kedua belah pihak  

 

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Disagreement, kecuali:

A.      Bersikeras pada posisi masing-masing pihak

B.      Menemukan solusi yang memuaskan kedua belah pihak

C.      Menghindari sikap yang defensif atau menyerang

D.      Mendengarkan pandangan masing-masing pihak

 

Pada level Contest, konflik biasanya ditandai dengan:

A.      Perbedaan pandangan atau persepsi antara kedua belah pihak

B.      Adanya kekerasan fisik

C.      Konflik sudah tidak dapat diselesaikan

D.      Adanya pihak yang ingin menang atau kalah  

 

Situasi intractable seringkali disebabkan oleh ...

A.      Saling menghargai dan kepercayaan antara kedua belah pihak

B.      Kurangnya komunikasi yang efektif  

C.      Keterbukaan dan kejujuran dalam dialog

D.      Semua jawaban benar

 

 

3.  Siklus Resolusi Konflik

 

Pada tahap mana siklus resolusi konflik, pihak-pihak yang berkonflik mulai membangun kepercayaan dan saling memahami satu sama lain?

A.      Upaya penghentian kekerasan (peace-keeping) 

B.      Upaya pembangunan perdamaian (peace-building)  

C.      Upaya negosiasi dan perjanjian damai (peace-making) 

D.      Upaya pencegahan konflik (conflict-prevention)

 

Pada tahap mana siklus resolusi konflik, pihak-pihak yang berkonflik masih saling bermusuhan dan belum ada kesepakatan untuk berdamai?

A.      Upaya penghentian kekerasan (peace-keeping)

B.      Upaya pencegahan konflik (conflict-prevention) 

C.      Upaya pembangunan perdamaian (peace-building) 

D.      Upaya negosiasi dan perjanjian damai (peace-making)  

 

Pada tahap mana siklus resolusi konflik, pihak-pihak yang berkonflik mulai merencanakan upaya-upaya untuk mencegah terjadinya konflik kembali?

A.      Upaya negosiasi dan perjanjian damai (peace-making) 

B.      Upaya penghentian kekerasan (peace-keeping)

C.      Upaya pembangunan perdamaian (peace-building) 

D.      Upaya pencegahan konflik (conflict-prevention)  

 

Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam tahap upaya penghentian kekerasan (peace-keeping), kecuali...

A.      Melakukan mediasi

B.      Melakukan penegakan hukum

C.      Menerjunkan aparat keamanan 

D.      Melakukan negosiasi  

 

Tujuan memahami siklus resolusi konflik adalah untuk mengetahui sampai tahapan mana konflik tersebut dan mencari solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa siklus resolusi konflik memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali...

A.      Mengetahui penyebab konflik  

B.      Melakukan evaluasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menyelesaikan konflik

C.      Menentukan langkah yang tepat dalam menyelesaikan konflik

D.      Mengidentifikasi pihak-pihak yang terlibat dalam konflik

 

4.     Dimensi dan Indikator Sistem Deteksi Dini Konflik

 

Sebutkan dua faktor yang perlu diketahui oleh penyuluh dalam mendeteksi potensi konflik di daerahnya!

A. Kondisi politik dan ekonomi

B. Profil wilayah dan sejarah konflik  

C.Kondisi budaya dan kondisi sosial agama 

D.Profil wilayah dan kondisi sosial agama 

 

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam deteksi dini potensi konflik, kecuali:

A. Tingkat eskalasi konflik  

B. Sejarah atau latar belakang konflik

C. Profil wilayah/kabupaten

D. Kronologis konflik

 

Dalam melakukan deteksi dini potensi konflik, penyuluh perlu memahami profil wilayah/kabupaten yang menjadi obyek konflik. Hal ini penting untuk mengetahui

A. Penyebab konflik yang mungkin terjadi

B. Pihak-pihak yang berpotensi terlibat konflik

C. Potensi dampak konflik

D. Semua jawaban benar  

 

Berdasarkan informasi yang tersedia, berikut adalah contoh deteksi dini potensi konflik yang dapat dilakukan oleh praktisi keagamaan di daerah, kecuali...

A. melakukan dialog dan mediasi dengan pihak-pihak yang berpotensi terlibat konflik

B. memberikan ceramah dan pembinaan keagamaan yang menekankan pentingnya kerukunan dan toleransi

C. mengumpulkan informasi dan data tentang potensi konflik di daerah

D. memantau perkembangan situasi politik dan keamanan di daerah  

 

Berikut adalah contoh indikator yang dapat digunakan untuk mendeteksi potensi konflik, kecuali:

A. Peningkatan jumlah kasus kriminalitas dan kekerasan

B. Peningkatan intensitas pertemuan dan kegiatan keagamaan  

C. Peningkatan jumlah kasus intoleransi dan diskriminasi

D. Peningkatan jumlah pengungsi dan konflik sosial

 

5. Empat Skala Radikalisasi

Tahap manakah dalam radikalisasi yang ditandai dengan penolakan terhadap nilai-nilai yang berbeda?

A. Militansi  

B. Terorisme

C. Radikalisme 

D. Ekstrimisme

 

Tahap manakah dalam radikalisasi yang ditandai dengan penggunaan kekerasan untuk mewujudkan perubahan?

A. Militansi

B. Ekstrimisme  

C. Terorisme

D. Radikalisme 

 

Tahap manakah dalam radikalisasi yang ditandai dengan keinginan untuk mengubah sistem secara menyeluruh, tetapi belum menjalankan aksi kekerasan?

A. Ekstrimisme

B. Militansi

C. Terorisme 

D. Radikalisme  

 

Berdasarkan uraian di atas, manakah yang merupakan ciri-ciri awal dari radikalisasi?

A. Merasa harus berubah secara radikal

B. Menganut ideologi tertentu

C. Melakukan aksi kekerasan

D. Merasa dunia ini kacau dan sistem yang berlaku buruk  

 

Pada tahap ekstremisme, seseorang:

A. Memilih jalan menggunakan kekerasan untuk mewujudkan perubahan.

B. Selalu bersifat revolusioner, yaitu menginginkan perubahan yang cepat dalam mengganti sistem sistem yang lama dengan sistem yang mereka yakini.

C. Memberikan penekanan terhadap jalan kekerasan sebagai metode satu-satunya yang dianggap sah untuk mewujudkan perubahan.

D. Semua jawaban benar

 

 

6. Sinyal Deteksi Dini Konflik

 

Sebuah konflik antara dua kelompok suku di suatu daerah telah berlangsung selama bertahun-tahun. Konflik ini telah menyebabkan banyak korban jiwa dan kerugian material. Kedua kelompok suku tersebut memiliki pandangan yang sangat berbeda mengenai kepemilikan tanah di daerah tersebut. Berdasarkan teori Lima Level Konflik, level konflik manakah yang sedang terjadi antara kedua kelompok suku tersebut?

A. Intractable Situation  

B. Disagreement

C. Problem to Solve

D. Contest

 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh penyuluh untuk meredam potensi konflik adalah

A. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi dan sosial

B. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai toleransi dan kerukunan

C. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban

D. Semua jawaban benar

 

 

7. Konflik Instrumen Deteksi Dini

 

Berikut adalah contoh langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik, kecuali...

A. Meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama

B. Meningkatkan literasi media dan informasi masyarakat

C. Membangun tata kelola pemerintahan yang baik

D. Memperkuat aparat keamanan

 

Diantara tahap-tahap radikalisasi, tahap yang paling sulit untuk dideteksi adalah..

A. Radikalisme

B. Terorisme

C. Militansi

D. Ekstrimisme